Welcome MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN )

By Sony Wijaya | 31 Desember 2015 | Kategori:

Welcome MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN )


Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) dalam bahasa inggrisnya disebut ASEAN Economic Community ( AEC ) adalah sebuah Integrasi Ekonomi perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara ( ASEAN ).

Akhirnya kita memasuki MEA ini yang berlaku mulai 31 Desember 2015. MEA dibangun oleh 10 Negara anggota ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Siap atau tidak siap, mau atau tidak mau kita semua harus menghadapinya. Ada yang menganggap MEA ini sebagai Ancaman, ada juga yang menganggap sebagai Peluang dan Kesempatan. Kembali kepada diri kita masing-masing( kemampuan dan kompetensi ).

Bagi yang tidak memiliki kompetensi, MEA di anggap Ancaman.
Bagi yang memiliki kemampuan dan daya saing, MEA di anggap sebuah kesempatan untuk semakin berkembang..

Arus barang, produk, jasa, tenaga kerja, investasi dan Modal akan semakin terbuka dan mengalir ( free flow ) dari tempat satu ke tempat lain, dari negara satu ke negara lain. Betapa dunia ini semakin terbuka dan tanpa batas ( Borderless )

Mari kita mempersiapkan diri dengan cara meningkatkan diri, terus belajar mengembangkan kompetensi di bidang kita masing-masing. Tingkatkan Kompetensi, Menangkan Kompetisi

ARE YOU READY FOR THE FUTURE ?