Come Into My Trading Room

By Sony Wijaya | 26 Januari 2016 | Kategori:


Nama Dr. Alexander Elder begitu populer diDunia Trading. Beliau juga seorang Dokter medis skaligus Psikiater yang sangat memahami seluk beluk bisnis ini. Pengalaman dan jam terbangnya sudah 40 Tahun.

Melalui bukunya yang berjudul "Come Into My Trading Room", Dr. Elder menyatakan ada 3 pilar kunci sukses dalam menjalani trading sebagai bisnis.

Ketiga pilar tersebut adalah 3 M ( Mind, Money, Method ). Mari kita bahas satu per satu 3 M tersebut

Mind ( Psikologi trading )

Dr. Elder memberikan porsi yang besar dibagian ini. Padahal bagi seorang pemula mungkin menganggap bagian ini sangat tidak penting dan membosankan, Apalagi jika pola pikirnya masih menganggap Trading adalah Judi, betapa rapuhnya sisi psikologi trader tersebut.

Pemula tidak akan mengerti betapa PENTINGNYA faktor psikologi ini sebelum ia mengalami masalah dalam tradingnya. Misalkan Loss besar, floating minus berhari-hari dan ukuran lot yang tidak sesuai dengan modal. Hal ini sangat menguras emosi dan mental.

Psikologi menjadi kacau, Faktor Greedy dan Fear kian dominan mempengaruhi aktivitas trading, menjadikan tidak rasional dalam menganalisa market dan pengambilan setiap keputusan.


Money ( managemen modal )

Modal sebagai nafas sekaligus nyawa dalam perjalanan trading ini tentu harus dikelola sebaik mungkin. Bagi trader Professional menjaga Modal itu jauh lebih penting daripada mengejar Profit. Karena ia fokus mengantisipasi segala kemungkinan loss yang dapat terjadi ( Risk Management ) demi keselamatan account ( modal ).

Jika modal tergerus cukup besar maka nafas trading akan semakin pendek. Ruang gerak dalam menentukan setiap aksi dan strategi menjadi terbatas. Hal ini sangat diperhatikan oleh Trader Professional tetapi kurang disadari oleh Trader pemula.


Method ( metode trading )

Banyak pemula lebih menfokuskan kepada bagian ini. Padahal sesungguhnya tidak ada metode / teknik / strategi trading yang sempurna ( pasti dan selalu profit ). Sama seperti Bisnis sektor real, tidak ada usaha yang pasti dan selalu untung.

Dengan memahami bahwa tidak ada strategi yang sempurna maka sikap kita bisa ikhlas dan legowo. Hal ini membuat psikologi kita menjadi sehat dan tenang.

Tugas utama kita adalah membuat rencana trading yang baik serta menjalankannya dengan penuh kedisiplinan. Apapun hasilnya ( profit / loss ) kita sudah siap dan tidak berusaha menyalahkan market ketika loss.

Semoga Buku Ini Bermanfaat Bagi Kita Semua