Hidup Adalah Proses PERTUKARAN

By Sony Wijaya | 5 Oktober 2017 | Kategori:

hidup adalah proses pertukaran nilai dengan uang, bermanfaat, berharga, transaksi jual beli

Contoh paling mudah adalah transaksi jual beli. Pertukaran antara sebuah produk / jasa dengan sejumlah uang.

Jika kita sebagai pembeli, kita membayar sejumlah uang. Kita mendapatkan sebuah produk. Jika kita sebagai penjual, kita mendapatkan uang, kita memberikan produk.

Tentu saja produk itu harus bernilai, berharga, dan berguna yang mampu memberikan kenyamanan, kenikmatan, manfaat dan dibutuhkan oleh pasar.

Contoh lain yang menunjukkan bahwa hidup adalah proses pertukaran, ada pepatah mengatakan BANYAK MEMBERI BANYAK MENERIMA. Oleh sebab itu kita sering diberi nasehat, jika ingin mendapat pertolongan dari orang lain, kita harus memberi pertolongan kepada orang lain terlebih dahulu.

Intinya selalu ada pertukaran. Ada yang kita berikan dan ada yang kita dapat ( terima ). Tidak mungkin cuma memberi saja atau menerima saja. Dalam dunia bisnis ada istilah win win solution. Kedua belah pihak sama-sama untung.

Biasanya, proses pertukaran ini sifatnya equivalen ( seimbang / setara ). Nilainya sebanding. Jika kita ingin mendapat sesuatu yang lebih baik, maka kita harus memberikan sesuatu yang lebih baik juga.

Contohnya,
Bayar murah, dapat mobil murah.
Bayar mahal, dapat mobil mahal.

Beli ayam dapatnya ayam.
Beli sapi dapatnya sapi.

If you want something better, you must give something better. What you give, what you get

Demikian juga dalam hidup ini. Jika kita ingin mempunyai kehidupan yang lebih baik, lebih berkualitas, lebih sukses dan bahagia. Sudahkah kita memberi sesuatu yang lebih baik juga ? Yaitu lebih disiplin, lebih bekerja keras, lebih mau belajar, lebih giat, lebih berkomitmen, lebih kreatif dan lebih melakukan yang terbaik ?

Jangan pernah berharap hidup menjadi lebih baik jika kita tidak mau melakukan / memberikan yang lebih baik juga. Itu namanya MIMPI DI SIANG BOLONG ( mengharapkan fatamorgana ).

Ada sebuah hukum alam yang harus kita pahami, yaitu : Hukum Sebab Akibat atau Hukum Tabur Tuai. Segala sesuatu terjadi tidak secara tiba-tiba dan kebetulan. Semua yang terjadi pada hari ini adalah hasil dari keputusan / tindakan - tindakan kita di masa lalu.

Semua yang kita peroleh hari ini adalah hasil / akibat dari apa yang pernah kita berikan / lakukan di masa lalu. Dan apa saja yang kita kerjakan hari ini, akan berdampak di kehidupan yang akan datang.
Kehidupan sejatinya adalah proses pertukaran. Tidak ada yang gratis. Selalu ada harga yang harus ditukar ( dibayar ). Harga tidak selalu bicara soal materi / uang, namun juga non materi ( waktu, tenaga, pikiran, kesabaran, komitmen, kerja keras, dan semangat pantang menyerah ).
SALAM PROFIT KONSISTEN dan OPTIMAL.

Silahkan SHARE Jika Bermanfaat

0 Response to "Hidup Adalah Proses PERTUKARAN"

Posting Komentar