Bangkit Dari Keterpurukan

By Sony Wijaya | 10 Desember 2015 | Kategori:

bangkit dari keterpurukan belajar trading saham forex sonytrade

Siapapun dari kita, pria wanita, tua muda, kaya miskin, berpendidikan atau tidak berpendidikan.. Pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidup.

Namanya juga kehidupan, tidak ada yang sempurna dan selalu ada problematika di dalamnya.

Kegagalan, kejatuhan, kerugian, di tipu orang, kehilangan sesuatu / seseorang yang berharga.. Semua peristiwa itu sangat tidak menyenangkan.

Marah, sedih, kecewa, down, frustasi, putus asa, hilang harapan, dan penyesalan.. Adalah perasaan yang "sangat normal" dan manusiawi ketika mengalami kondisi tersebut.

Yaa.. masa lalu ( atau mungkin saat ini masih sedang di alami ) memberikan pengalaman dan pembelajaran yang amat membekas sehingga kita sulit melupakannya.

Daripada terus menerus tenggelam dalam kesedihan dan penyesalan yang tidak ada manfaatnya, lebih baik kita move on dan melakukan perubahan yang berarti.

Berikut ini saya berikan beberapa tips bermanfaat yang dapat membantu kita untuk bangkit dari keterpurukan.

1. SADAR hidup memang tidak sempurna ( Life is not Perfect )

Tidak ada SUPERMAN. Tidak ada manusia yang tau segalanya.

Kalau kita menjadi manusia yang tau segalanya ( bahkan maha tau ) maka tidak akan ada yang namanya masalah dan kesulitan.

Hidup menjadi sangat lancar, serba mudah. Kita tau segalanya, apa yang akan terjadi dan apa yang akan kita lakukan.

Semua yang kita kerjakan pasti berhasil, sukses, lancar, mulus, tidak ada halangan kesulitan, tidak ada resiko, tidak ada kesalahan dan tidak ada kegagalan.

Owhh.. ini semua adalah ILUSI dan FANTASI yang ada di dalam pikiran kita. Mimpi di siang bolong. Realitanya tidak ada kondisi seperti itu.

Miliki kesadaran : TIDAK ADA KESEMPURNAAN DALAM HIDUP. Selalu ada yang namanya kekurangan, kelemahan, kesalahan, kesakitan, kegagalan dan resiko.

Dengan memiliki pola pikir seperti itu membuat hati kita lebih legowo dan iklas dalam menjalani hidup ini. Ada rasa berserah sepenuhnya kepada Sang Pemberi Kehidupan.

Dan kita yakin, Tuhan maha baik. Selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Di balik setiap masalah, ada "kebaikan" yang akan di nyatakanNYA. Kita perlu bersabar menjalani proses tersebut.

2. SADAR kita harus mau berubah ( change your mind, change your life )

Setelah memahami hidup memang tidak sempurna, BUKAN BERARTI kemudian kita berpangku tangan saja. Pasrah total dan tidak melakukan apa-apa.

Owhh.. Ini pemikiran yang salah !

Pandang lah setiap masalah sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Setiap masalah ada solusinya.
Setiap kesulitan ada jalan keluarnya.
Setiap pertanyaan ada jawabannya.

Tergantung kita mau belajar atau tidak. Tekun berusaha atau tidak.

Sebenarnya dalam hidup tidak ada yang sulit, tidak ada yang sukar. Yang ada hanyalah kita tidak tau caranya. Tidak punya ilmunya. Tidak tau polanya.

Oleh sebab itu kita harus mengembangkan semangat belajar yang positif. Selalu terbuka terhadap pengetahuan baru. Berani mencoba banyak hal. Mau belajar ilmu baru. Melatih diri dan mengembangkan ketrampilan.

Maka kita akan menjadi pribadi yang cakap, terampil, terlatih, kuat, lebih pandai dan lebih bijaksana dibanding sebelumnya.

Miliki Growing spirit dan self learning untuk meningkatkan kemampuan hidup ( life skills ) yang lebih baik.

Ada pepatah yang mengatakan : Di balik kesulitan, pasti ada kemudahan. Kesulitan membuat kita berkembang

3. DISIPLIN dan KONSISTEN melakukan perbaikan ( develop yourself consistently )

Point 3 adalah kelanjutan dari point 2. Lakukan point 2 terus menerus secara konsisten.

Jika kita melakukan perubahan namun hanya dalam satu dua hari saja, maka hasilnya tidak maksimal.

Proses perubahan tidak terjadi secara instant. Perlu kesabaran, kegigihan, dan konsistensi dalam mewujudkan perubahan tersebut.

Carilah komunitas yang baik, teman dan relasi yang positif sama-sama satu tujuan dalam melakukan perubahan. Atau carilah mentor yang anda percayai bisa membimbing anda.

Mentor yang baik not only transfer of knowledge, but transfer of spirit also.

Seburuk apapun kondisi kita saat ini, selalu ada harapan dan kesempatan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

JANGAN CEPAT MENYERAH DAN JANGAN MUDAH PUTUS ASA.
JANGAN TAKUT SALAH DAN BERANI GAGAL, Namun penuh perhitungan.

Toh hidup memang tidak sempurna. Ada kegagalan dan kesalahan. Fokus kita belajar dan berkembang. Salah itu biasa, Gagal itu biasa, Gagal itu bagian dari SUKSES. Tetaplah konsisten melakukan perubahan dan perbaikan.

Demikian lah ketiga tips yang bisa saya bagikan, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda.

Semua orang pasti pernah gagal dan bisa melakukan kesalahan. Namun yang terpenting segera move on, berdamai dengan masa lalu, mengakui kesalahan, mau berubah dan bangkit untuk menjadi pribadi yang berbeda dan lebih baik.

Semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa menyertai kita semua.

0 Response to "Bangkit Dari Keterpurukan"

Posting Komentar