Loss itu Pasti, Profit itu Kemungkinan..

By Sony Wijaya | 5 Februari 2017 | Kategori:

Loss itu Pasti, Profit itu Kemungkinan

Dalam menjalani sebuah usaha / bisnis, dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan komitmen yang tinggi untuk meraih kesuksesan di bisnis tersebut. Karena sejatinya tidak ada usaha / bisnis ( apapun ) yang selalu berjalan mulus, lancar, profit terus, tanpa ada resiko, kerugian dan berbagai tantangan didalamnya. Semua itu adalah Proses dinamika yang harus kita hadapi sebagai seorang pengusaha.

Demikian juga di dalam menjalani aktivitas Trading, seorang Trader selalu berhadapan dengan Peluang untung dan Peluang Rugi. Profit dan Loss ibarat 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Banyak trader pemula "alergi" dengan yang namanya loss. Mereka maunya Profit profit profit melulu. Pikirannya selalu mengarah kepada profit profit, untung berapa persen ? profit dalam berapa hari / jam ? dan sebagainya.. Lupa memikirkan loss dan resikonya. Biasanya ketika sudah terjadi kerugian yang cukup besar, baru deh menyesal dan kecewa. Mental down serta menjelek-jelekkan bisnis ini.

Padahal yang namanya Loss itu sesuatu yang pasti dihadapi

Jangankan di Trading, dibisnis sektor real saja kita sudah "pasti" loss didepan, Mau Bukti ? Bayar sewa tempat, biaya operasional, kulak (stok) barang, bayar pegawai, dan sebagainya.. yang sudah pasti harus dibayarkan setiap bulannya. Belum lagi tiap tahun  sewa tempat, gaji pegawai dan biaya operasional selalu naik. Padahal Omset penjualan belum tentu bisa membiayai seluruh biaya2 tersebut. ( Omset bisa naik turun, tergantung usaha kita, promosi kita, pelayanan kita, dan sebagainya )

Jika mengalami kerugian ditrading, anggap saja kita sedang rugi di bisnis Real ( omsetnya lagi sepi ), Biaya operasional lebih besar dari omset penjualan pada bulan itu. Tugas kita terus belajar, mengevaluasi dan memperbaiki diri. Semoga bulan depan mendapat Profit lagi.

Demikian seterusnya, itulah proses belajar membangun sebuah usaha / bisnis.

Jadi ketika kita mengalami kerugian diTrading, jangan menyerah.. Terus belajar, mengevaluasi dan memperbaiki diri. Dengan semakin meningkatnya Pengalaman dan pengetahuan, membuat kita semakin terampil dan pandai dalam mengelola resiko tersebut. Hasilnya profit yang konsisten akan mengikuti.

Jangan Menyerah dan Teruslah Belajar..