Kebebasan Dalam Trading

By Sony Wijaya | 20 Februari 2017 | Kategori:

kebebasan waktu dalam trading forex saham

Kali ini kita mau membahas tentang kebebasan dalam dunia Trading.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bisnis trading adalah Market Open seminggu penuh selama 24 jam, mulai senin subuh jam 05.00 sampai Sabtu subuh jam 04.00.

Trader memiliki banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan profit. Jadi sebenarnya kita bisa memanfaatkan waktu 24 jam, 5 hari dalam seminggu itu. Bebas, fleksible mau trading hari apa, jam berapa, berapa lama dalam sehari / seminggu.

Semua kembali kepada kita, perencanaan dan komitmen. Kita bisa menentukannya sendiri.

Kelebihan / sisi positif ini harusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang. Namun kenyataannya, ada beberapa / banyak trader yang justru menghabiskan banyak waktu di depan laptop, melihat chart 24 jam, tidak bisa makan, tidak bisa tidur, tidak bisa melakukan aktivitas lain.

Katanya trading itu memberikan kebebasan waktu, kok malah trader tidak punya waktu melakukan aktivitas lain ? Justru terikat di depan laptop 24 jam, tidak bisa makan, tidak bisa tidur ?

Ada yang salah ini..

Sebenarnya bukan tentang salah / benar, karena itu semua kembali soal pilihan. Pilihan bagaimana menentukan strateginya, tekniknya, dan perencanaan tradingnya.

Menurut saya, trading yang menghabiskan 24 jam di depan laptop adalah Trading yang tidak dewasa. Biasanya banyak pemula yang melakukan hal ini. Mereka punya pemikiran, semakin banyak di depan laptop maka semakin banyak profit.

Padahal tidak juga. Ini minset yang keliru !

Justru semakin kita banyak melihat chart dan melihat detail pergerakan / gelombang market.. Psikologi kita mudah terpengaruh. Kadang tergoda ingin menambah transaksi, tertarik ada peluang jangka pendek, dan bisa mengubah trading plan yang telah kita buat sebelumnya.

Menjadikan tidak disiplin dan konsisten menjalankan Plan. Biasanya hal inilah yang menjadi penyebab terbesar kegagalan trader.

Kembali ke topik kebebasan dalam trading

Trading adalah bisnis yang tidak memiliki aturan baku. Harus begini harus begitu, Tidak ada ! Benar-benar memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang tinggi. Oleh karena itu kita sebagai trader harus memiliki aturan sendiri ( plan ) dan menjalankan plan itu dengan disiplin.

Miliki Rencana Trading yang jelas dan detail.
Kerjakan itu dengan penuh kedisiplinan, teratur dan konsisten.
Luangkan waktu untuk keluarga, hobi, kehidupan sosial.
Dan nikmati hidup anda dengan penuh keseimbangan ( Balance life ).

SALAM PROFIT KONSISTEN DAN OPTIMAL.

Silahkan SHARE Jika Bermanfaat.

0 Response to "Kebebasan Dalam Trading"

Posting Komentar