Kesadaran yang harus dimiliki Trader Pemula

By Sony Wijaya | 3 November 2015 | Kategori:

kesadaran pola pikir minset sikap mental yang benar trader pemula

Dalam trading saya banyak menemui dan melihat para trader ( khususnya pemula ) yang tidak memiliki kesadaran yang baik dan benar dalam aktivitas tradingnya.

Kesadaran tentang apa ? Kesadaran bahwa pemula harus banyak belajar. Sekilas trading tampak begitu mudah, cuma buy dan sell, klak klik di depan laptop. Apalagi kalau di awal - awal trading mendapatkan banyak profit (beginner luck), mental greedy dan emosinya langsung keluar. Merasa begitu gampang mendapatkan uang.

Mereka tidak sadar sebenarnya mereka belum bisa trading. Mendapat profit tidak berarti anda sudah menguasai trading. Karena bisa saja itu cuma keberuntungan saja.

satu dua kali win, masih dianggap beruntung. Tetapi jika anda bisa 10 kali win berturut - turut. Itu baru anda memang menguasai ilmunya.

Seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya bahwa Profit berbanding lurus dengan kemampuan dan pengalaman Trading. Bagi trader pemula, jangan pernah berharap mendapat profit. Fokuslah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman trading sebanyak mungkin.

Berikut ini beberapa ilustrasi yang mungkin bermanfaat dan bisa membuka pola pikir trader pemula untuk menyadari kekurangannya.

Pegawai baru

Seorang pegawai baru atau baru lulus kuliah yang belum punya pengalaman bekerja biasanya tidak berani pasang "tarif" gaji tinggi. Kalau dibayar rendah ( bahkan gratispun ) mungkin mau. Karena dia sadar tidak memiliki kemampuan dan pengalaman. Fokus dia ingin bekerja, belajar dan mendapatkan pengalaman. Okelah dia terima tawaran pekerjaan itu, daripada menganggur.

Seiring berjalannya waktu, pengalaman dan kemampuan makin bertambah. biasanya gaji mulai naik, bos akan menilai kinerja pegawai itu. Karena kemampuan pegawai itu semakin baik, bos tidak segan untuk menaikkan gaji.

Atau jika pegawai itu punya mental pengusaha, dia berani keluar dan buka usaha sendiri menyaingi usaha mantan bosnya itu. Pegawai itu sudah pintar, berpengalaman dan punya kemampuan.

Bayi Belajar Jalan

Seorang bayi yang berusia beberapa bulan tidak akan berharap bisa lari dengan kencang. Berdiri saja kakinya belum kuat.

Berjalan masih tertatih-tatih, kadang masih sering jatuh. Proses yang harus di lewati bayi adalah mampu stabil berdiri, berjalan pelan, berjalan agak cepat kemudian bisa berlari.

Belajar Naik Sepeda

Seseorang yang belajar naik sepeda, awalnya tidak pernah berpikir bisa bersepeda dengan ngebut. Tujuan awal bisa mengendarai sepeda perlahan-lahan tidak jatuh. Lama - kelamaan semakin terampil mengendarai sepeda, kecepatan bisa ditambah. Sampai akhirnya bisa ngebut dan belajar naik motor yang lebih canggih.

Yang terpenting ketrampilan berkendara sudah semakin baik dan matang.

--------------------------------------------------------------------

Ketiga ilustrasi diatas menunjukkan bahwa kita harus menyadari pentingnya sebuah proses perkembangan dan pertumbuhan. Tidak ada sebuah ketrampilan / kemampuan tiba-tiba langsung dikuasai, langsung ahli, semua butuh latihan dan jam terbang.

Maka dari itu proses yang harus di lewati seorang trader adalah
1. Survive ( Mampu menjaga keselamatan modal trading ),
2. Profit kecil yang konsisten ( Small Profit )
3. Profit besar ( Big Profit )

INGAT : JANGAN PERNAH DIBALIK !!!

Sudah banyak kisah para pemula dengan kesadaran dan minset yang salah. Memasuki dunia trading dengan harapan profit yang besar, tanpa menyadari bahwa pengetahuan dan pengalaman tradingnya sangat minim. Tentu saja biasanya berakhir dengan kegagalan dan kekecewaan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemula untuk SADAR dan BERTOBAT !! SALAM PROFIT KONSISTEN



0 Response to "Kesadaran yang harus dimiliki Trader Pemula"

Poskan Komentar