Pengen Trading tapi TAKUT ?

By Sony Wijaya | 4 Juni 2016 | Kategori:

takut dan serakah trader forex saham

Trading merupakan salah satu ( BUKAN satu-satunya ) bisnis terbaik di era digital saat ini.

Seiring perkembangan teknologi internet yang semakin pesat maka berkembang pula peluang bisnis ini. Baik secara volume perdagangan, market kapital dan jumlah investornya.

Di indonesia sendiri data jumlah investor baik secara individu maupun corporate, terus mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Dengan berbagai kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan, Trading telah menjadi Gaya hidup ( lifestyle ) bagi sebagian kelompok masyarakat kita.

Namun tidak sedikit pula orang yang masih ragu, takut dan enggan mengambil peluang bisnis ini. Saya banyak menemui orang - orang yang sebetulnya sangat berminat tapi takut mencoba.

Saya bisa mamahami hal tersebut. Karena keterbatasan informasi dan pengetahuan yang dimiliki membuat mereka tidak yakin dan belum mengerti betapa besar sesungguhnya peluang bisnis ini.

Trading memberikan peluang untuk berkembang tanpa batas, baik secara finansial, mental, pengetahuan serta pengembangan diri.

Berikut ini saya berikan beberapa tips dan kiat dalam menghadapi rasa takut memulai trading

1. Pahami dan Kenali PENYEBAB rasa takut.

Ketakutan anda pasti ada alasannya. Biasanya alasan terbesar adalah Takut kehilangan uang.

Ya, ketakutan anda sangat wajar. Siapa sih orang yang mau rugi ?

Namun jangan sampai ketakutan itu terus menerus menguasai pikiran sampai kita tidak berani bertindak.

Saran saya : Mulailah trading dengan modal kecil. Misal 1 jutaan.

Jika seandainya terjadi hal terburuk pun, kita tidak akan jatuh miskin karena kehilangan 1 juta tersebut.

2. Tak Kenal maka Tak Sayang.

Kurang informasi yang cukup adalah penyebab utama rasa takut.

Ada banyak sekali mitos, persepsi dan opini yang beredar di masyarakat tentang negatifnya bisnis ini. Ada yang mengatakan judi, haram, bisnis tidak jelas, tipu - tipu, dan sebagainya.

Silahkan baca juga :
Anggapan Trading itu Judi
Mengapa persepsi trading sangat negatif di masyarakat

Menurut saya, semua anggapan itu tidaklah benar. Tidak ada dasar sama sekali. Hanya asumsi belaka, bukan fakta.

Mereka yang berkata negatif, biasanya tanpa mempelajari lebih detail seluk beluk bagaimana bisnis ini bekerja. Asal mengeluarkan komentar dengan nada sinis, pesimis dan emosional.

Saran saya : Gali dan kumpulkan informasi sebanyak - banyaknya dari berbagai sumber mengenai bisnis ini. Khususnya sumber - sumber yang valid dan terpercaya. Dari mereka yang memang ahli dan profesional menjalankan trading.

Pelajari secara detail sisi positif dan negatif, kelebihan dan kekurangan, peluang dan resiko serta bagaimana menghadapi resiko tersebut.

Ada pepatah mengatakan : Lihat segalanya lebih dekat, maka kau akan mengerti.

3. Berani Gagal tapi penuh perhitungan.

Ada iklan di televisi berkata : Nggak ada noda ya nggak belajar.

Kesalahan dan kegagalan sejatinya adalah guru terbaik yang memberikan pengalaman berharga bagi kita.

JANGAN TAKUT MENCOBA, JANGAN TAKUT GAGAL !
Tapi juga tidak ngawur, harus penuh perhitungan.

Yang terpenting bagaimana kita mempelajari dan menghitung resikonya. Resiko tidak membuat kita jatuh miskin. Resiko tidak melebihi kemampuan dan kita siap menghadapinya.

Kalau segala sesuatu telah kita persiapkan di awal, maka apa lagi yang perlu kita takutkan ? Pilihan hanya 2, yaitu BERTINDAK atau TIDAK

Bertindak adalah cara terbaik mengurangi rasa takut. Setelah kita mulai melangkah, kita akan mengumpulkan banyak pengalaman dan pengetahuan. Awalnya mungkin terasa sulit karena belum terbiasa. Namun setelah berulang kali melakukannya, kita akan semakin terbiasa dan memahami.

Bertindak mempunyai 2 resiko, yaitu kemungkinan BERHASIL atau GAGAL. Tapi jika tidak bertindak, hanya ada satu kemungkinan : Tidak ada Perubahan.


Demikianlah tips yang semoga dapat membantu kita untuk berani melangkah dan mencoba. Trading tidak sesulit yang dibayangkan, Tapi juga bukan berarti bim salabim langsung profit..profit..dan profit.

Trading pada dasarnya sama seperti bisnis real lainnya. Tidak ada cara instant untuk meraih kesuksesan. Ada tantangan dan proses yang harus dilalui.

Jika anda serius ingin menjalankan trading, belajarlah dengan sungguh, pahami segala potensi keuntungan dan kerugiannya. Ukur potensi kerugian tersebut lalu sesuaikan dengan kemampuan anda.

Jika anda siap menanggung resiko tersebut, langkah yang terakhir adalah BERTINDAK. Dengan bertindak, kita akan mengenal dan memahami bisnis ini semakin baik.

Semoga keberuntungan selalu menyertai kita semua. SALAM HAPPY TRADING



0 Response to "Pengen Trading tapi TAKUT ?"

Posting Komentar