Trading Menggunakan EA BERBAHAYA

By Sony Wijaya | 14 Februari 2017 | Kategori:

belajar trading saham forex menggunakan ea / robot sonytrade

Sukses dalam trading bisa ditempuh melalui banyak cara. Berbagai strategi, teknik, indikator maupun EA ( Robot Trading ) semakin bermunculan. Semua itu boleh dan tidak ada yang salah. Selama bisa membuat account jadi berkembang, cara apapun "dianggap" benar. Tapi kalau account semakin menyusut, cara itu dianggap salah. Sesimple itu.

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang EA ( Expert Advisor ) atau istilah awamnya robot trading.

Sebenarnya trading menggunakan EA itu sama seperti trading manual. Namun bedanya seluruh aktivitas seperti order buy / sell, menentukan TP dan SL serta close order, semua dilakukan EA secara otomatis.

Trader hanya setting saja, memasukkan parameter yang diperlukan ( misal angka untuk lotnya ) selanjutnya EA akan bekerja sesuai dengan strategi ( logic ) yang ditanamkan ke dalam EA tersebut.

Secara sekilas EA sangat simple dan mudah. Apalagi bagi pemula yang tidak mempunyai pengetahuan trading sama sekali bisa menggunakan EA dan dapat profit.

Namun kenyataannya tidak sedikit kisah para pengguna EA yang mengalami loss besar. Kemudian mereka menjelek-jelekkan EAnya dan berburu EA baru yang dianggap lebih hebat dan profitable.

Sahabat trader dimanapun anda berada, sesungguhnya tidak ada cara trading yang benar - benar aman dan sempurna. Manual atau EA sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ini harus dipahami betul.

Diantara plus minus tersebut, ada "pekerjaan" yang tidak bisa dilakukan di manual tapi bisa di EA. Inilah keunggulan EA dibanding manual. Menentukan dimana level BEP ( impas ) diantara banyaknya order yang masih terbuka. Kalau tanpa EA, harus dihitung secara manual.

Kelebihan EA yang lain adalah tidak merepotkan. Semua aktivitas dilakukan otomatis sesuai rule / logic yang ada didalam EA tersebut. Hal ini juga dapat meminimalkan masalah psikologis yang sering dialami trader saat hendak melakukan order. EA lebih disiplin.

Setelah membahas kelebihan - kelebihan EA. Sekarang membahas kekurangannya.

Kekurangan EA adalah butuh biaya tambahan, yaitu sewa vps. Harganya bervariasi, ada yang 50ribu / 75ribu / 100ribu / bahkan 250ribu juga ada ( per bulan ). Saya pribadi menggunakan yang 100ribu sudah cukup bagus.

Trading EA membutuhkan vps karena vps bekerja 24 jam. Jika tanpa vps, maka laptop kita harus hidup 24 jam.

Jika kita menyikapi trading adalah sebuah bisnis yang serius, maka biaya vps tidak terlalu masalah. Ibaratnya kita mempunyai toko ada biaya operasional dan sewa tempat yang harus dibayar setiap bulan.

Diluar sana banyak pendapat yang mengatakan trading EA itu berbahaya. Jawabannya IYA jika sang trader tidak dibekali pengetahuan bagaimana EA tersebut bekerja.

Karena EA berjalan otomatis maka trader harus memahami kondisi market mana yang cocok dan mana yang harus dihindari. Kapan EA harus digunakan dan kapan EA harus dimatikan. Semua pengetahuan itu harus dimiliki.

Ibaratnya sebuah perusahaan besar didalamnya ada sistem. Sebagai owner yang baik, tentu kita senantiasa mengontrol dan memonitor perkembangan perusahaan. Tidak mungkin dibiarkan berjalan sendiri tanpa pengawasan ( autopilot ).

Itulah kesalahan yang dilakukan kebanyakan para pengguna EA. Mereka tidak mengerti EA tetap dalam kontrol tradernya selayaknya kita punya perusahaan yang harus dikelola.

Berikut ini hasil trading kami menggunakan EA. KLIK DISINI

Berikut ini hal - hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan EA / Robot Trading :
  • EA hanyalah sebuah alat bantu. Sehebat apapun EAnya tetaplah alat bantu. EA tidak seperti TUYUL / BABI NGEPET. Begitu dipasang, tiba-tiba balance dan equity langsung melambung.
  • Ibarat mobil mau pake lamborgini / avanza, tetap tergantung sopirnya. Kalau tidak bisa nyupir, tetap akan masuk jurang.
  • Jangan pernah percaya 100% kepada EA karena rejeki kita tidak tergantung dari EA, melainkan bagaimana usaha dan kerja keras kita.
  • Tidak ada EA yang hebat. EA hanyalah benda mati. Yang hebat tetap tradernya.
  • EA dibuat berdasarkan logika dan perhitungan statis. Tidak selamanya prediksi dan perhitungan statis ini sesuai dengan market yang dinamis. Itulah sebabnya diperlukan peran trader untuk menyesuaikan dengan perubahan market yang dinamis.
Kegagalan pengguna EA disebabkan oleh pola pikir yang salah. Mereka menganggap setelah dipasang EA tinggal duduk diam dapat duit. NO, Ini pemikiran yang keliru.

Memang EA membuat trading menjadi lebih santai, praktis dan tidak merepotkan. Tetapi bukan berarti tanpa pengawasan. Tidak ada bisnis bisa jalan sendiri dan menghasilkan profit melimpah tanpa "campur tangan" pelakunya.

Niatkan diri untuk belajar. Perbanyak jam terbang, latihan dan pengalaman. Niscaya profit konsisten dapat dicapai.

Demikianlah prinsip - prinsip yang harus dipahami trader dalam menggunakan EA agar memperoleh hasil yang maksimal serta terhindar dari kerugian yang tidak diharapkan. EA adalah alat bantu yang powerfull jika digunakan dengan benar.

SALAM PROFIT KONSISTEN DAN OPTIMAL. 

Silahkan SHARE jika BERMANFAAT


0 Response to "Trading Menggunakan EA BERBAHAYA"

Poskan Komentar