Fenomena Uber dan GrabTaxi

By Sony Wijaya | 16 Maret 2016 | Kategori:

fenomena uber grabtaxi

Postingan kali ini tidak berkaitan dengan Dunia Trading. Kita istirahat sejenak dari rutinitas dunia Trading Online.

Dalam satu dua hari terakhir ini, kita di hebohkan oleh berita tentang kehadiran Uber dan GrabTaxi. Tentang polemik pemerintah bakal menutup atau memblokir layanan ini.

Uber dan GrabTaxi merupakan layanan transportasi berbasis aplikasi internet. Mengikuti jejak sukses pendahulunya dikategori motor, yaitu Gojek.

Kita semua harus menyadari bahwa teknologi dari hari ke hari kian masif dampaknya didalam seluruh aspek kehidupan kita. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mengubah peta bisnis dan dunia usaha menjadi semakin dinamis dan kompetitif.

Kehadiran teknologi membuat segala sesuatu bergerak semakin cepat, efektif, mudah, murah, efisien dan nilai tambah lainnya.

Namun seperti judul postingan saya sebelumnya, TIDAK ADA KONDISI YANG SEMPURNA, Segala sesuatu Pasti ada Kelebihan dan kekurangan. Ada sisi positif dan sisi negatif.

Tentu perkembangan teknologi tersebut, tidak hanya membawa dampak yang positif, melainkan dampak negatif juga. Khususnya bagi mereka yang tidak siap menghadapi ( tergagap-gagap ) oleh perubahan yang sangat cepat ini.

Terjadi penolakan di mana - mana. Demo dimana - mana. Dulu waktu Gojek pertama kali muncul juga di demo oleh para tukang ojek konvensional. Sekarang banyak supir taksi yang melakukan aksi mogok sebagai bentuk penolakan atas hadirnya Uber dan GrabTaxi.

Perubahan memang tidaklah menyenangkan bagi mereka yang senang tinggal berada di zona nyaman. Berubah artinya harus mau repot, melelahkan, mau belajar lagi, mengerahkan segala kekuatan, pikiran dan perasaan untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Perubahan selalu membuka pintu PELUANG dan ANCAMAN secara bersama - sama.
Kesempatan dan Tantangan ibarat seperti dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Pada akhirnya semua kembali kepada diri kita masing - masing, bagaimana cara memandang dan menyikapinya.

Dunia terus berputar, zaman terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu dan tuntutan konsumen terus berevolusi. Masa depan adalah ketidakpastian.

Persaingan bisnis semakin liar dan brutal. Hanya mereka yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang bisa bertahan dan tetap berdiri tegak.

Seberapa cepat kita bergerak, berubah dan beradaptasi terhadap perubahan jaman SANGAT MENENTUKAN kesuksesan kita di Era Digital saat ini..

Keep Learning,
Keep Upgrading,
Always Reinventing in yourself


1 Response to " Fenomena Uber dan GrabTaxi "

  1. Menurut saya seh om sony.(ubergrab vs taxi bb)
    1. Secara aplikasi keduanya punya aplikasi layanan pemesanan, cuma beda cara. Mengapa ubergrab bisa direct to driver, karena memang itu mobil milik driver sendiri sedangkan BB cara pemesanannya melalui call center karena mobil milik company dan juga terkadang 1mobil drivernya bisa gantian.
    2. Saya setuju kalo mereka didemo tapu saya bukan pembela BB. Ubergrab memang harus segera ubah bentuk dlm segi cara pembayaran pajak, cara KIR kendaraan dan juga mungkim plat nomor yg khusus.
    Bayangkan kalo dibiarkan seperti saat ini dan nanti misalnya ubergrab berkembang pesat trus BB kolaps. Pemasukan pajak ke negara berkurang, efeknya pembangunan mandek. Gamau kan naek ubergrab tapi ga ada lampu lalu lintas trus jalanan pada berlobang.

    Just imho #cmiiw

    BalasHapus